Pengertian Musik Rock dan Sejarahnya

Musik rock adalah genre musik populer yang luas yang berasal dari "rock and roll" di Amerika Serikat pada awal 1950-an, dan berkembang menjadi berbagai gaya yang berbeda pada tahun 1960an dan kemudian, terutama di Inggris dan di Amerika Serikat. . Ini berakar pada tahun 1940-an dan rock and roll tahun 1950-an, sebuah gaya yang menarik banyak genre blues Afrika dan Amerika, blues dan blues, dan dari musik country. Musik rock juga menarik kuat sejumlah genre lain seperti musik blues dan folk, dan pengaruh musik jazz, klasik dan musikal lainnya. Secara musikal, rock berpusat pada gitar listrik, biasanya sebagai bagian dari kelompok rock dengan bass listrik dan drum dan satu atau lebih penyanyi. Biasanya, rock adalah musik berbasis lagu biasanya dengan tanda tangan 4/4 kali menggunakan bentuk syair-lagu, namun genre ini telah menjadi sangat beragam. Seperti musik pop, lirik sering menekankan cinta romantis tetapi juga membahas berbagai macam tema lain yang sering bersifat sosial atau politik.

Pada akhir 1960-an "rock klasik" periode, sejumlah subgenre musik rock yang berbeda telah muncul, termasuk hibrida seperti blues rock, folk rock, country rock, raga rock, dan jazz-rock, banyak yang berkontribusi pada pengembangan rock psychedelic , yang dipengaruhi oleh adegan psychedelic dan hippie kontra budaya. Genre baru yang muncul termasuk rock progresif, yang memperluas elemen artistik; glam rock, yang menyoroti kecakapan memainkan pertunjukan dan gaya visual; dan subgenre beragam dan abadi dari logam berat, yang menekankan volume, kekuatan, dan kecepatan. Pada paruh kedua tahun 1970-an, punk rock bereaksi dengan memproduksi kritik sosial dan politik yang dilucuti, yang energik. Punk adalah pengaruh pada 1980-an pada gelombang baru, pasca-punk dan akhirnya rock alternatif. Dari tahun 1990an rock alternatif mulai mendominasi musik rock dan masuk ke mainstream dalam bentuk grunge, Britpop, dan indie rock. Subgenre fusi lebih lanjut telah muncul, termasuk pop punk, rock elektronik, rap rock, dan rap metal, serta upaya sadar untuk mengunjungi kembali sejarah rock, termasuk rock garage / post-punk dan kebangkitan techno-pop di awal tahun 2000-an. .


Sejarah Musik Rock


Musik rock juga telah terkandung dan berfungsi sebagai wahana pergerakan budaya dan sosial, yang mengarah ke subkultur utama termasuk mods dan rocker di Inggris dan budaya tandingan hippie yang menyebar dari San Francisco di AS pada tahun 1960an. Demikian pula, budaya punk tahun 1970-an melahirkan subkultur goth, punk, dan emo. Mewarisi tradisi rakyat dari lagu protes, musik rock telah dikaitkan dengan aktivisme politik serta perubahan dalam sikap sosial untuk ras, seks dan penggunaan narkoba, dan sering dilihat sebagai ekspresi pemberontakan kaum muda terhadap konsumerisme dan konformitas dewasa.

Karakteristik

Suara rock secara tradisional berpusat pada gitar listrik yang diperkuat, yang muncul dalam bentuknya yang modern di tahun 1950an dengan popularisasi rock and roll, dan dipengaruhi oleh suara gitaris blues elektrik. Suara gitar listrik pada musik rock biasanya didukung oleh gitar bass listrik, yang dipelopori dalam musik jazz di era yang sama, dan perkusi diproduksi dari drum kit yang menggabungkan drum dan simbal. Trio instrumen ini sering dilengkapi dengan masuknya instrumen lain, terutama keyboard seperti piano, organ dan synthesizer Hammond. Instrumentasi rock dasar diadaptasi dari instrumentasi dasar blues band (gitar utama yang menonjol, instrumen chordal kedua, bass, dan drum). Sekelompok musisi yang memainkan musik rock disebut band rock atau grup rock dan biasanya terdiri dari antara tiga - trio kekuatan dan lima anggota. Secara klasik, sebuah band rock berbentuk kuartet yang anggotanya mencakup satu atau lebih peran, termasuk vokalis, gitaris, gitaris ritme, gitaris bass, drummer dan sering pemain keyboard atau instrumentalis lainnya.

Musik rock secara tradisional dibangun di atas dasar irama sederhana yang tidak disinkronkan dalam 4/4 meter, dengan ketukan drum berulang yang berulang pada ketukan dua dan empat. Melodi sering berasal dari mode musik yang lebih tua, termasuk Dorian dan Mixolydian, serta mode mayor dan minor. Harmonies berkisar dari triad umum sampai paralel keempat dan kelima dan progresi harmonis disonan. Lagu-lagu rock, sejak akhir 1950-an dan khususnya dari pertengahan 1960-an dan seterusnya, sering menggunakan struktur paduan suara yang berasal dari blues dan musik rakyat, tetapi ada banyak variasi dari model ini. Kritikus telah menekankan eklektisisme dan keragaman gaya rock. Karena sejarah dan kecenderungannya yang kompleks untuk meminjam dari bentuk musik dan budaya lainnya, telah diperdebatkan bahwa "tidak mungkin untuk mengikat musik rock dengan definisi musik yang kaku."

Tidak seperti banyak gaya musik populer sebelumnya, lirik rock telah berurusan dengan berbagai macam tema di samping cinta romantis: termasuk seks, pemberontakan melawan "The Establishment", masalah sosial dan gaya hidup. Tema-tema ini diwariskan dari berbagai sumber, termasuk tradisi pop Tin Pan Alley, musik rakyat dan irama dan blues. Wartawan musik Robert Christgau mencirikan lirik rock sebagai "media keren" dengan diksi sederhana dan pembatalan berulang, dan menegaskan bahwa "fungsi" utama rock "berkenaan dengan musik, atau, yang lebih umum, kebisingan." Dominasi musisi berkulit putih, laki-laki dan sering kelas menengah dalam musik rock sering dicatat dan rock telah dilihat sebagai perampasan bentuk musik hitam untuk penonton muda, putih dan sebagian besar laki-laki. Akibatnya, hal itu telah dilihat sebagai mengartikulasikan keprihatinan kelompok ini dalam gaya dan lirik. Christgau, menulis pada tahun 1972, mengatakan terlepas dari beberapa pengecualian, "rock and roll biasanya menyiratkan identifikasi seksualitas dan agresi laki-laki".

Karena istilah rock mulai digunakan untuk memilih rock and roll dari akhir 1960-an, musik ini sering dikontraskan dengan musik pop, yang dengannya banyak memiliki karakteristik, namun seringkali musik ini distres oleh penekanan pada musik, pertunjukan langsung dan fokus pada tema yang serius dan progresif sebagai bagian dari ideologi keaslian yang sering dikombinasikan dengan kesadaran akan sejarah dan perkembangan genre. Menurut Simon Frith "rock adalah sesuatu yang lebih dari pop, sesuatu yang lebih dari rock and roll. Musisi rock menggabungkan penekanan pada keterampilan dan teknik dengan konsep romantis seni sebagai ekspresi artistik, asli dan tulus". Di milenium baru istilah rock kadang-kadang digunakan sebagai istilah selimut termasuk bentuk seperti musik pop, musik reggae, musik soul, dan bahkan hip hop, yang telah dipengaruhi namun sering dikontraksikan sepanjang sejarahnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Musik Hip-Hop dan Sejarahnya

Pengertian Musik Reggae dan Sejarahnya